Selalu Jaga Amanat Ilmiah Kawan!!! Blog VS Social Networking | CORETAN KEHIDUPAN

Sunday 20 December 2009

Blog VS Social Networking

Blog VS Social Network

Gw abis baca-baca di ayongeblog.com yang menuliskan kalau apa yang dikatakan Roy Suryo mengenai tren blog yang hanya fenomena sesaat memang benar adanya, kehadiran social network adalah salah satu yang menjadi pemicunya.

Hmm bener juga ya, buktinya seorang blogger yang selama ini menjadi panutan gw sekarang sudah tidak produktif lagi selain itu komentar yang biasanya memenuhi postnya kini udah tak terlihat lagi.

Selain itu banyak blog di indonesia yang hanya mengandalkan copas aja untuk mempopulerkan blog mereka, so banyak blog yang isinya sama dengan blog lain, ini menjadikan kita kekurangan referensi dari orang lain, inilah yang menjadi kelemahan blogsphere indonesia coba deh teman-teman blogger semuanya membuat tulisan original kita sendiri, percaya deh kalian pasti akan lebih puas dengan blog kamu bahkan akan selalu pengen baca tulisan sendiri dan dibenak akan berpikir "ini lho tulisan gw, ini lho hasil karya gw".

Back to main topic, kehadiran social networking seperti facebook ama twitter yang sedang booming emang gak bisa dipungkiri apalagi kemudahan akses semakin menjadikannya sebagai situs jejaring paling favorit,bandingkan dengan blog? gimana beda banget kan.

Lewat social networking kita bisa cari teman sebanyak-banyaknya,dan di blogpun juga bisa malah teman yang kita kenal lewat blog akan lebih akrab coz kita ada hubungan timbal balik lewat post kita, lebih enak kan kalo punya teman yang punya hobi sama (ngeblog)

Dari blog kita juga dilatih untuk membuat tulisan yang berkualitas lho, so kemampuan dalam journalism kita akan semakin terasah , selain itu dari blog kita juga bisa mendapatkan uang , yup ini kalo kita emang berniat dan serius mengabdikan penghasilan kita lewat blogging aja

Masih banyak manfaat ngeblog yang akan kita dapatkan jika kita serius merawatnya, okey sekarang bicara mengenai social network. ada yang mengatakan kalau FB adalah mainan anak kecil, hmm kalau dipikir ada benarnya juga sih, jujur ya apa sih yang kamu cari dari FB, temen? kepopuleran? kebanyakan sih kepopuleran,iya kan, kita tiap hari nambahin friendlist entah itu orang yang dikenal ato nggak untuk membuktikan pada sahabat disamping kita "ini lho temen-temen aku,banyak kan, aku populer sih"ingat kenapa FB sempat didakwa sebagai media yang haram?

Sebenarnya FB bisa jadi media yang ampuh jika kita bisa memanfaatkannya dengan benar. beda dengan FB, Twitter atau microblogging jauh lebih bermanfaat,seperti blog tapi penulisanya dibatasi cuma 140 karakter untuk setiap post,banyak para blogger sekarang sudah menjadikan Twitter sebagai pendamping blog sekaligus social network, mereka (blogger) menjadikan FB dan Twitter untuk mempopulerkan blognya bukan mempopulerkan dirinya.

Kesimpulannya adalah blog memang media yang terbaik dan lebih bermanfaat bahkan Menkominfo menegaskan kalu blog adalah sahabat pemerintah, majulah blogger Indonesia

Related Posts by Categories

3 comments:

Ulfa Fahmidah Qurratu'ain said...

Wah, bener bgt sbnre Zan...
Jejaring sosial emang ada manfaatnya tp trkdang jg menimbulkan pengaruh sama hal2 yg lain. Mslhny efek kecanduan yg ditimbulkan itulah yg menyebabkan hal apapun disamping kita akan dikesampingkan.
Apapun lah pkoknya. Entah in de reality or olso something dat we organize on di internet networking...
Memang tampaknya jiwa blogger harus sll d increas... Hkhkhk
Hidup blogger ! ! ! :D

FAUZAN D'GREW said...

yup alright, thanks for opinion, jujur aj aku trmasuk yg kcanduan hhehhe tp ttep gak lupa blog dung

Ulfa Fahmidah Qurratu'ain said...

Kecanduan???
Ya sama Zan . . . :P hagzhagz