Selalu Jaga Amanat Ilmiah Kawan!!! Ayo Belajar!!! | CORETAN KEHIDUPAN

Friday 6 January 2012

Ayo Belajar!!!


Hari-hari ulama begitulah kami menyebutnya. Hari-hari menjelang UAS memang saat-saat yang membuat kami sibuk dengan diktat-diktat(fotokopian tentunya) dan belajar semalaman suntuk seperti yang aku alami sekarang

Kadang aku berpikir heran kenapa ada teman yang aku lihat celelekan (sembrono dan cuek) ia sukses dalam setiap ujian, tidak satu atau dua orang yang aku temui, begitu banyak orang yang kelihatan santai (sangat santai) secara dzahir tapi entah kenapa ia selalu melihat kertas ujiannya dengan tanpa ekspresi padahal nilai yang ia dapat begitu bagus “halah biasa wae” begitulah jawabnya setiap aku bertanya bagaimana bisa dia mendapatkan itu

Apakah ada yang salah dengan metode belajarku?ah aku rasa tidak karena setiap orang mempunyai caranya masing-masing. Aku biasa belajar jika sedang mood dengan pelajaran kuliah selebihnya mempelajari hal lain yang lebih aku sukai untuk menghilangkan kepenatan dari teori-teori dengan objek kajian yang sangat abstrak yaitu sastra, jujur saja aku kurang tertarik dengan pelajaran yang identik dengan filsafat ini karena selalu bersinggungan dengan pemahamanku

Hmm mungkin benar kata pepatah jawa witing tresno jalaran soko kulino yaitu kita akan menyukai sesuatu jika kita sudah terbiasa dengannya dan dengan berawal dari suka tentu kita akan tertarik untuk lebih mengetahui lebih dalam

Aku kagum melihat teman kamar sebelah di wisma yang menurut pengakuannya ia tidak menyukai matematika tapi berhubung ia diamanati orang tuanya kuliah di UGM tentu mau tidak mau harus belajar dan belajar DAN ANEHNYA setiap aku berkunjung ke kamarnya (sering) ia hampir tidak pernah menyentuh itu buku buku kalkulus tapi justru ia sibuk dengan kitab kitab agama, mendengar ceramah kajian dari HP bahkan tak jarang ia kutemui sedang menghafal Al Qur'an

Tapi kenapa nilainya bisa melebihi sebagian teman-temannya yang lain? Selidik punya selidik ternyata dia memang mempunyai waktu waktu khusus untuk belajar matematika, masyaAllah jika seperti itu terus hidupnya mungkin suatu hari ia akan menjadi seperti Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

kemudian ada teman yang lebih hebat lagi, jarang sekali aku menemui dia diluar karena saking betahnya ia dikamar, apa yang ia lakukan? Karena penasaran, suatu hari aku sengaja memanggilnya keluar untuk sekedar ngobrol basa basi , sembari ngobrol aku tengok kamarnya, masyaAllah tumpukan buku-buku tebal berserakan disana sini, baru aku tahu selama ini ia begitu giat belajar TAPI ia terlihat santai dan tenang saat diluar seakan tidak ada sesuatu yang baru saja ia kerjakan dengan sungguh-sungguh

Tak hanya itu saja , masih banyak teman-teman wisma yang membuatku tak berhenti mengernyitkan dahi kagum dan minder rasanya menjadi satu kesatuan yang kini merasukiku


Semoga lekas kutemukan passion belajarku

Related Posts by Categories

0 comments: